Akibat Dari Merokok dan Cara - Cara Berhenti Merokok

Sudah kita ketahui kalau di Indonesia jumlah perokoknya sangat banyak , dan tentunya mereka pun sudah mengetahui apa saja akibat yang timbul dari merokok tersebut . Tapi mau gimana lagi namanya  juga orang Indonesia kalau belum kapok ga bakal tobat . Meskipun Pemerintah Indonesia sudah menerapkan segala cara untuk mengurangi kebiasaan merokok di Indonesia sampai memasang foto-foto yang ngeri , tetap saja perokok belum bisa tobat .
Foto Kanker Pada kotak Rokok


Menurut survey saya , saat perokok ditanyai " Bro , Kenapa sih kok suka ngrokok ??" kebanyakan dari mereka menjawab " Iyaa , gak tau ya , enak saja " . Pertanyaan nya adalah mengapa para perokok sangat terbiasa dan suka merokok padahal kenikmatannya saja tak bisa diungkapkan dengan kata kata? Betul ga guys ? 

Stop Rokok
Memang untuk meninggalkan kebiasaan buruk itu sangat susah semua membutuhkan kesadaran diri masing masing . Sekarang tinggal tentukan anda merupakan perokok yang mana ? Sadar dan mau bertobat / Tak Peduli dan tetap meneruskan hal itu ?


Gak perlu panjang lebar lagi , langsung saja to the point 

Akibat dari Merokok (Berdasarkan Organ yang dipicu ) :
  1. Otak
    Stroke
    • Lima Puluh persen risiko penyakit stroke disebabkan oleh kebiasaan merokok . Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan otak sampai kematian . Merokok juga bisa menyebabkan Aneurisma otak yaitu penyakit yang menyebabkan pembengkakan pembuluh darah karenanya melemahnya dinding pembuluh darah dan pada akhirnya menyebabkan pendarahan di otak .
  1. Kulit
    • Kurangnya asupan oksigen ke kulit menyebabkan Perokok akan terlihat lebih tua ketimbang yang bukan perokok . Sehingga akan timbul kerutan di mulut dan mata kalian guys
  1. Mulut dan Tenggorokan
    • Dari yang sederhana sampai yang kompleks ada disini . Dari bau mulut , gigi bernoda terus yang menengah yaitu penyakit gusi dan kerusakan indera perasa sampai yang parah  kanker pada lidah, tenggorokan, bibir, dan pita suara.
  1. Paru - paru
    • Penyakit paling terkenal dari merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan pada rokok berpotensi merusak sel-sel pada paru-paru yang bisa membentuk sel kanker. Penyakit serius lainnya yang bisa kalian alami adalah pneumonia, bronkitis , dan emfisema.
  1. Tulang
    • Zat berbahaya pada rokok bisa merusak tulang dengan cara menghentikan kerja sel-sel konstruksi sehingga perokok lebih berisiko mengalami tulang rapuh atau osteoporosis. Racun rokok juga bisa mengganggu keseimbangan hormon estrogen yang bertugas menjaga tulang tetap kuat.
  1. Lambung
    • Merokok bisa menyebabkan melemah nya otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan Anda. Hal tersebut memungkinkan asam dari lambung bergerak ke arah yang salah, yaitu ke kerongkongan. Kondisi tersebut dinamakan penyakit asam lambung. Beberapa risiko penyakit lain yang akan dihadapi oleh seorang perokok adalah ulkus atau tukak dan kanker lambung.
  1. Organ Reproduksi
    • Dibagi dua yang yaitu pada pria dan pada wanita yang intinya sama yaitu sistem reproduksi dan kesuburan kalian . Pada pria,bisa menyebabkan impotensi (Penyakit paling dihindari para pria haha) , mengurangi produksi sperma, dan kanker testis.
    • Sementara pada wanita, merokok dapat mengurangi kesuburan. Selain itu, risiko terkena kanker serviks pun lebih tinggi karena rokok mengurangi kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus atau HPV.
Nah itu semua akibat dari rokok yang berbahaya . Nah kali ini saya ingin berbagi cara-cara untuk berhenti dari kebiasaan merokok :
  1. Tekadkan niat dan harus " berkomitmen "
    • Di hari pertama anda mulai memutuskan bahwa anda akan stop merokok anda harus tau dan renungkan dengan baik untuk apa anda berhenti merokok ?? Apakah untuk kesehatan anda ? Apakah untuk uang kalian , agar dompet gak cepet tipis ? Apakah anda tidak kasihan dengan kerabat , saudara dan yang lain-lain bahwa mereka harus menghisap asap dari rokok anda dan terkena risiko penyakit yang timbul rokokmu itu ?
    • Dan anda harus berkomitmen secara penuh untuk mengurangi kebiasaan rokok sampai tidak merokok lagi . Karena gimana-gimana komitmen itu sangat penting , segala sesuatu ingin dicapai tapi jika tidak ada komitmen semua itu hanyalah sia-sia guys.
  1. Tetapkan target
    • Dalam menetapkan target anda harus menetapkan target yang logis . Seperti : " Dalam 1 minggu saya maks konsumsi 2 kotak rokok " , itu merupakan target yang baik . Dan juga harus ingat tentukan target dengan grafik menurun , jadi minggu pertama 1 kotak , minggu kedua 7 batang rokok , dan seterusnya .
    • Yang satu ini sifatnya optional  tapi saya sarankan juga . Anda harus menetapkan konsekuensi / hukuman apabila anda tidak sesuai dengan target yang anda tetapkan di awal .
  1. Sebarkan niat anda ke orang-orang yang dekat dengan anda
    • Anda bisa saja memberitahu kepada mereka tentang niat anda untuk berhenti merokok . *Mengapa harus bro??  (tapi ingat orang terdekat anda harus bukan perokok , kalau yang di beritahu orangnya perokok juga jadi gawat ntar x_X )
    • Karena dengan ini apabila anda melanggar mungkin teman anda bisa mengingatkan anda dan juga bisa menimbulkan rasa malu di diri anda apabila anda melanggar target anda .
  1. Jauhi lingkungan yang penuh dengan perokok 
    • Dengan menjauhi lingkungan tersebut godaan yang datang kepada anda akan berkurang . Tak ada pengaruh luar yang membuat anda merokok lagi . Jadi faktor nya cuman dari diri anda sendiri  , apakah kuat menahan nafsu untuk merokok atau tidak ?
  1. Banyaklah konsumsi air
    • Dengan minum air putih Anda bisa mengurangi rasa asam pada mulut dan bisa menyehatkan tubuh Anda. Ketika nafsu akan merokok timbul segeralah untuk minum satu gelas air putih dengan sendirinya hasrat merokok Anda akan hilang.
  1. Banyaklah konsumsi permen
    • Di minggu-minggu awal mungkin anda terasa stress karena belum terbiasa , dan pasti di benak kalian berpikir untuk merokok . Nah pada waktu ini , anda HARUS mengalihkan hal ini dengan mengonsumsi permen agar pikiran anda teralihkan 
  1. Pertahankan!
    • Karena jika sekali anda sudah melanggar , kemungkinan besar anda akan terus melanggar dan melanggar lagi , jadi Anda harus bisa tahan bro !:D 
Jadi begitulah semua akibat dari merokok dan segala cara - caranya untuk berhenti dari merokok . Semoga postingan ini bermanfaat . Tolong untuk like dan share ke temen-temen kalian , dengan begitu anda dapat membuat bahagia dan meningkatkan semangat saya untuk berkarya lagi ! Salam SprintIndo!

Baca juga : 23 Bahaya Merokok

Baca juga kebiasaan Indonesia yang lainnya : 

0 Response to "Akibat Dari Merokok dan Cara - Cara Berhenti Merokok "

Post a Comment

Comment dari anda sangat berguna untuk kita ... Thanks