LOLOS SBMPTN 2016 ITS DAN SIMAK UI 2016 !!!

LOLOS SBMPTN DAN SIMAK UI 2016!!!

KEEP CALM SBMPTN


      Pertama-tama gua syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas rahmatnya impian gue , yang gue idam-idamkan dari dulu dikabulkan . Biar seru dan menginspirasi kalian , gua bakalan ceritain , gimana sih suka dukanya gue selama masa-masa perjuangan untuk menghadapi ujian-ujian yang mengerikan segala murid SMA se-Indonesia . Perjuangan gue ga berjalan mulus se-mulus paha miyab* (weitss...) . Beginilah kisah gue :

      Keputusan gue untuk masuk PTN(Perguruan Tinggi Negeri) karena gue dibilangin sama ortu gue yang saranin gue untuk masuk di PTN aja , karena biaya lebih murah dan kualitas nya lebih baik ( #katanyasih ) . Setelah itu gue cari-cari info di internet dan ternyata omongan ibu gua bener , PTN jauh lebih murah dan kenalannya lebih banyak . Mulai deh gua tertarik dan memutuskan impian gue diterima di  PTN .

      Pertama-tama karena gue orangnya suka utek-utek computer dan ngerasa kalau ada bakat dan midat di coding , maka gua mutuskan jurusan impian gua adalah teknik informatika / ilmu komputer .
Karena pengetahuan gue tentang PTN masih sempit dan yang gua tau yang paling bagus adalah ITB (Institut Teknologi Bandung) yaitu STEI ITB .
STEI ITB

      Langkah awal gue untuk mempersiapkan ujian yang mendatang adalah ortu gue yang mendaftarkan gue di LBB ( Lembaga Bimbingan Belajar ) yang termasuk TOP di Surabaya , namanya SSC (Sony Sugema College ) . Yang menarik saat gue masuk di SSC ini adalah gue misah kelas dari temen-temen satu sekolah , yaitu SMAK St.Louis 1 Surabaya. Saat itu gue terdaftar di kelas yang isinya hampir semua dari sekolah negeri semua . Banyak yang gue pelajari bersama mereka , mulai dari kesederhanaan mereka , kesopanan mereka , dan keramahan mereka . Hal itu juga membuat gue makin tertarik untuk masuk PTN .
sony sugema college ssc

       Karena gue sudah menetapkan tujuan gue untuk masuk PTN dan kalau bisa masuk ITB . Dan gue sadar bahwa itu bukanlah hal yang mudah , maka dari itu gue langsung rancang rencana awal yaitu beli buku persiapan SBMPTN di awal-awal kelas 12 . Gue mulai cicil-cicil sedikit demi dikit -satu hari dua atau tiga soal - , baik itu gue di sekolah maupun di LBB gue .

       Tetapi itu hanya berjalan sekitar 4 hari doangg , karena kesibukan sekolah dan kesibukan gue untuk main game hehehe... Semangat gue turun selama semester 1 , tetapi gue udah mutusin bahwa setiap gue les di SSC dan saat pelajaran Matematika gue harus sebisa mungkin bertanya soal kepada tentor ( sebutan seperti guru di LBB ) gue tentang soal SBMPTN , dalam pikiran gue " Yah at least gua udah lebih dulu menang daripada saingan gue " . Karena pada saat itu gue lihat teman sekelas gue di LBB masih santai-santai dan tak pernah Tanya soal-soal SBM seperti yang gue lakukan. Padahal tentor gue udah menekankan ke kita-kita untuk jangan sungkan-sungkan Tanya soal SBMPTN .

      Tryout SBMPTN setiap bulan sekali  (Sem 1) yang gue lalui , selalu mendapati nilai yang sangat buruk dengan PIG(point total ) sekitar belasan . Setiap gue lihat itu gue selalu kecewa dan dengan harapan bakalan dapat nilai yang baik di tes selanjutnya .Yang nyatanya juga tidak nilai gue naik turun seperti ombak lautan ... X_x . Sempat gue minder karena gue lihat hasil yang didapat oleh temen-temen satu sekolah gue tinggi-tinggi betul (tetapi katanya sih mereka saling kerjasama heheh... ) . 

Tips dari gue persiapan SBMPTN: "Selalu sebisa mungkin loe kerja Tryout dengan SENDIRI TANPA MENCONTEK tidak apa-apa loe merasa ga bisa , jangan takut mendapat jelek , dan jangan puas dengan hasil contekan loe . Karena saat loe mendapat loe jelek itu adalah ujian buat loe untuk menjadi lebih baik lagi " Sekarang bayangkan aja kalau loe nyontek lalu loe dapet  nilai bagus , loe puas kan pastinya ? lalu kalian ga bersemangat untuk belajar karena dirasa sudah cukup . ITU SALAH !!
stesss sbmptn

      Semester 2 pun gue buka dengan semangat baru , gue fokus untuk mendapat nilai bagus di UNAS dan juga gue mikirin SBMPTN gue , karena persiapan buat UNAS gue mungkin hanya 15 % , parah betul kan ... :( . Waktu pun berjalan baik di sekolah dan di LBB gue mulai belajar intensif untuk UNAS terlebih dahulu .

Tips dari gue persiapan SBMPTN : Gimanapun kalo loe bernasib seperti gue yang kurang persiapan , akan lebih baik loe belajar UNAS juga boleh , Materi nya sama  , Anggap saja seperti loe belajar basic dari SBMPTN dan ujian mandiri lainnya .
ITS

     Oh ya tak lupa juga di semester 2 juga ada SNMPTN seleksi yang diadakan oleh PTN di seluruh Indonesia untuk menyeleksi siswa-siswi yang pantas mendapat hadia yang sangat diidamkan seluruh murid di pejuang PTN. Karena gue merasa nilai gue kurang mencukupi untuk masuk di STEI ITB dan Teknik Informatika -ITS dan Ilmu Komputer-UI . Maka dari itu gue memilih untuk memilih Sistem Informasi -ITS yang menurut gue persaingannya lebih mudah . *kepo dengan hasilnya ? ikuti terus kisah gue :P .. hahahaha.
sbmptn snmptn

     Akhirnya UNAS gue lewati dan syukur gue mendapat nilai yang cukup baik dengan nilai total (507.00) . Dan sekitar sebulan sebelum ujian SBMPTN gue mengikuti program intesif dari SSC LBB gue . Yaitu les setiap hari dari jam 07.00 sampai 14.30 . (udah kayak sekolah kan .. x_x) tidak pernah satu hari pun gue bolos dari program itu karena kesadaran gue bahwa itu penting sekali .

     Tepat tanggal 10 Mei 2016 pengumuman SNMPTN keluar , Alhasil gue ditolak dari SI-ITS . Sementara sangat banyak dari teman-teman gue yang sudah diterima ada lbh dr 20 an dan kebanyakan dari ITB . Sebenarnya yang buat gue sedih bukan ditolak snmptn nya tetapi LIHAT TEMEN-TEMEN DITERIMA . Sungguh dalam hati gue iri , dan sedih .

      "Loe sedih ditolak SNMPTN cukup 1 hari saja , besoknya lakukan apa yang harus kamu lakukan "
     Dan gue memutuskan untuk membatalkan impian gue masuk STEI - ITB dan TI-ITS karena persaingannnya sangat susah . Dan gue memutuskan untuk masuk di UI-ILMU KOMPUTER yang persainngannya cenderung lebih mudah , tetapi kualitas nya tidak kalah dengan ITB dan ITS . Lagipula UI Jakarta , kota yang cenderung orangnya pemikiran lebih maju .
  
     Semangat Gue membara , gue cari motivasi-motivasi di saat gue sedih gara-gara SNMPTN . Motivasi terbesar gue pada saat itu adalah TEMAN -TEMAN GUE ,  merekalah yang sudah melihat betapa perjuanganku . Mereka mengucapkan kepadaku " GOODLUCK YO SBM E , SEMANGAT ! PASTI KON DITERIMO " merekalah semangat terbesar ku . Tak lupa juga dengan teman-teman gue . Sampai sampai gue menulis di kertas kecil yang gue tempelkan di depan meja belajar gue .
FRIENDS


"Teman-teman gue sudah menyemangati gue dan berharap untuk gue masuk di PTN , akan sangat memalukan diriku sendiri apabila sampai gue ditolak di PTN nanti . Berjuang Keras Kevin ! Loe harus masuk UI kevin! Belajar Keras !"
      H-1 SBMPTN otak gue udah panas ( kayak motor kali ... -_-) gue sudah pasrahkan segala perjuangan gue kepada Tuhan . Gue tidur pagi agar besok gue bisa focus dalam mengerjakan . Tak lupa gue minta doa dari Temen-temen gue mohon kelancarannya untuk besok ujian .


    SBMPTN DIMULAI gue sempet merasa nervous , karena ini ujian yang gue nanti selama 1 tahun telah tiba . Sesi pertama gue mengerjakan bidang IPA ( MIPA FISIKA BIOLOGI KIMIA ) gue tidak seberapa bisa dan gue hanya mengerjakan yang gue bisa saja ,( tips : Semua mapel harus ada jawabannya jangan sampai 0 dan "-" ) . Entah kurang beruntungnya diriku bencana pun tiba , di pikiran gue selesai sesi 1 jam 09.30 TERNYATA sesi 1 selesai jam 09.15 . Waktu selesai tiba , gue BELUM MENGISI SAMA SEKALI LEMBAR JAWAB KOMPUTER . Jawaban gue masih ada di soal gue . Akhirnya gue cepet-cepet mengisi semua dan pada saat guru penjaga sudah menghampiri gue , Gue mohon-mohon diberi waktu sedikit saja untuk mengisi jawaban , gue mohon sampai minta-minta maaf dan menarik kertas gue, karena kertas ljk gue udah ditarik-tarik sama penjaga tersebut . Akhirnya gue lepaskan itu LJK dan terdapat beberapa soal yang belum sempat gue isi , sekitar 2/3 nomer .
SBMPTN


      SESI 2 SBMPTN gua sempet minder karena telah dapat bencana yang bisa menggagalkan gue . Gue sangat berharap di Sesi 2 ini dimana bidang dasar (MAT DASAR , B.ING , B.IND , TPA ) . Eh ternyata tahun 2016 soal TPA nya sangat susah dan semua modelnya baru jika dibandingkan tahun sebelumnya , sungguh kacau dan kecewa perasaan gue setelah SBMPTN dan sangat minder , karena merasa kurang bisa ...
TIPS : "Kalau loe merasa bisa , Jangan pernah loe Merasa sombong , apalagi sombong kepada teman loe sendiri " KISAH NYATA ! Setelah gue SBMPTN dengan perasaan kecewa dan sedih gue tanya salah satu temen gue yang se LBB sama gue tentang SBMPTN nya dia , dia menjawab dengan PERCAYA DIRI " GAMPANG ! , Loe mau gue sebutin gue bisa berapa ? " Gue jawab " Oke gue mau tau " . Sembari dia menjawab gue dan nyebutin dia bisa berapa , eh ternyata standart .... ga begitu jago amat . Cuman sombong nya gue ga kuat *jujur ... Mungkin Akibat kesombongannya dia ditolak di semua PTN tahun 2016 sampai di jalur mandiri dia masih ditolak .
SOMBONG

      Setelah SBMPTN....Gue mengikuti SIMAK UI  dan entah kenapa Berkat Tuhan gue bisa mengerjakan tes SIMAK yang dikenal lebih sulit daripada SBMPTN , kepercayaan diri gue muncul saat mengerjakan tes itu . Gue senang dan pulang dengan perasaan percaya diri tetapi gue berusaha untuk tidak sombong karena gue tau itu tidak baik .

      PENGUMUMAN SBMPTN TIBA Gue kaget ternyata dengan perasaan minder gue dan kecewa gue Tuhan mengabulkan doa gue yaitu diterima di PTN , gue diterima di SI-ITS yang mana jurusan itu adalah jurusan dimana gue ditolak di SNMPTN . Gue sangat senang dan bangga karena bisa membahagiakan orang tua dan teman teman gue .

       3 HARI SETELAH PENGUMUMAN , Penguman SIMAK UI dikeluarkan dan gue melihat " Selamat, anda diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Indonesia " Sungguh senang gue , gue lompat-lompat dan teriak . Tenyata usaha memang tak pernah membohongi hasil guys ... Ibu gue sangat bangga dan senang , memeluk gue dengan perasaan senang . Gue diterima di ILMU KOMPUTER -UI (REGULER ) . Padahal gue sangat minder karena persaingannya sangat susah , dari 722 peminat hanya diambil 24 . Siapa yang nyangka bakal ketrima kalau melihat hanya 24 yang diterima dan dari seluruh Indonesia.
fasilkom uiuniversitas indonesia

"USAHA TAK PERNAH MEMBOHONGI HASIL"
      Teman-teman SprinIndo yang gue sayangi , kesimpulan dari perjuangan gue adalah , jika loe ingin mencapai impian loe dan loe tau itu sangat susah loe dapatkan dan tidak bisa dianggap remeh , maka lakukan apa yang harus kamu lakukan , setelah loe baca cerita gue , loe pasti udah tau kan apa yang loe harus lakukan ? Kalau loe masih ga tau loe boleh Tanya di comment bawah ini , dan jangan lupa like dan share ke teman-teman seperjuangan kalian !

"Selamat menempuh SBMPTN DAN UJIAN-UJIAN di 2017"
Semoga menginspirasi .... :) SALAM SPRINTINDO







22 Responses to "LOLOS SBMPTN 2016 ITS DAN SIMAK UI 2016 !!!"

  1. selamat ya kak.. ngomong2 jadi milih its/ui ?

    ReplyDelete
  2. Hmm. Makin semangat berjuang untuk PTN favorit 2018. Dan terima kasih kk aras kisah hidupnya, bisa buat saya makin terpacu untuk kerjain soal2.

    ReplyDelete
  3. Hmm. Makin semangat berjuang untuk PTN favorit 2018. Dan terima kasih kk aras kisah hidupnya, bisa buat saya makin terpacu untuk kerjain soal2.

    ReplyDelete
  4. Kak mau nanya, buat seimbangin nyicil belajar sbm sama un nya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya belajar un itu juga mempersiapkan kamu untuk siap menghadapi sbm juga kok :), saran sih cari materi di sbm yang mungkin sekiranya susah bagi kamu, nah nanti saat belajar untuk UN a sekalian tuh dalemin yang kurang bisa di sbm .. :)

      Delete
  5. Kak dulu bimbelnya H min berapa sebelum sbmptn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas masuk kelas 12 udah masuk bimbell guee..

      Delete
  6. Nilai to lu yg paling tinggi dan paling rendah berapa?

    ReplyDelete
  7. Waktu itu saintek masing2 mapel kamu isi brp bro?

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Inspiratif.. bener banget bro kita harus ngerasa rendah di hadapan Tuhan, kita ga berhak buat sombong do'ain gue ya yg mau berjuang di 2017

    ReplyDelete
  11. Ka ngerjain soal sbm, waktu itu kka ngerjain berapa soal?

    ReplyDelete
  12. Ka ngerjain soal sbm, waktu itu kka ngerjain berapa soal?

    ReplyDelete
  13. Kak kualitas dari bimbel ssc sendiri gimana? Sistem,guru, sama soal soalnya gimana?

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Kak Aku minta doanya Dari kakak semoga dilancarkan ngerjain soal simak, terimakasih juga atas inspirasi kakak...

    ReplyDelete
  16. abng bisa jawab berapa banya soal di simak taun yang lalulalu??

    ReplyDelete

Comment dari anda sangat berguna untuk kita ... Thanks